Sabtu, 07 Januari 2012

STEREOTIPE SUKU DAYAK

A

A.              A. PENGERTIAN
 
      Stereotipe adalah pendapat atau prasangka mengenai orang-orang dari kelompok tertentu, dimana pendapat tersebut hanya didasarkan bahwa orang-orang tersebut termasuk dalam kelompok tertentu tersebut. Stereotipe dapat berupa prasangka positif dan negatif, dan kadang-kadang dijadikan alasan untuk melakukan tindakan diskriminatif. Sebagian orang menganggap segala bentuk stereotipe negatif. Stereotipe jarang sekali akurat, biasanya hanya memiliki sedikit dasar yang benar, atau bahkan sepenuhnya dikarang-karang.
      Berbagai disiplin ilmu memiliki pendapat yang berbeda mengenai asal mula stereotype, psikolog menekankan pada pengalaman dengan suatu kelompok, pola komunikasi tentang kelompok tersebut, dan konflik antarkelompok. Sosiolog menekankan pada hubungan di antara kelompok dan posisi kelompok-kelompok dalam tatanan sosial. Para humanis berorientasi psikoanalisis menekankan bahwa stereotipe secara definisi tidak pernag akurat, namun merupakan penonjolan ketakutan seseorang kepada orang lainnya, tanpa memperdulikan kenyataan yang sebenarnya. Walaupun jarang sekali stereotipe itu sepenuhnya akurat, namun beberapa penelitian statistik menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus stereotipe sesuai dengan fakta terukur.
Ada dua teori yang menggali tentang asal-usul munculnya stereotipe
ini, yaitu :



1.    Teori setitik kebenaran (Kernel of Truth)

Teori setitik kebenaran didasarkan pada asumsi bahwa stereotipe memilik beberapa bukti empiris yaitu adanya perbedaan yang signifikan antara sifat-sifat laki-laki dan perempuan. Bahwa perbedaan sifat tersebut bukan didasarkan pada perbedaan jenis kelamin, namun akibat pernyataan yang berlebihan sebagai upaya memperoleh kebenaran. Berdasarkan hasil penelitian kesamaan-kesamaan sifat laki-laki dan perempuan banyak ditemukan daripada perbedaannya.Namun ada kecenderungan orang untuk mencari kelemahan atau kejelekan orang lain secara berlebihan dibanding mengangkat sifat-sifat positifnya.
2.    Teori peranan sosial
Teoriperanan sosial melihat bahwa stereotipe muncul dari perbedaan peranan sosial antara laki-laki dan perempuan. Teori ini sebenarnya berhubungan erat dengan pembagian peran domestik dan peran public antara laki-laki dan perempuan.
Dalam rangka upaya menuju integrasi nasional Indonesia yang kuat maka aneka warna suku-bangsa di Indonesia itu saling berinteraksi, dan sebagai konsekwensi dari suatu interaksi sosial yang timbul maka seringkali muncul gambaran subyektif mengenai suku-bangsa lain. Oleh karena itu, dalam kehidupan suatu suku-bangsa tertentu sehari-harinya dijumpai gambaran subyektif mengenai suku-bangsa lain atau yang lazim disebut dengan stereotipe etnik.
Sementara ini stereotipe etnik, tidak selalu berupa gambaran yang bersifat negatif (akan tetapi biasanya ini yang sering muncul) melainkan ada kalanya pula gambaran yang bersifat positif. Ada penilaian bahwa stereotipe etnik yang negatif akan menghambat interaksi sosial dalam kehidupan masyarakat yang multi etnik, yang pada gilirannya akan dapat pula menyebabkan terhambatnya proses menuju integrasi nasional. Untuk memahami bagaimanakah posisi dan hubungan seorang individu dalam konteks kelompoknya, Herbert M.Blalock (1976:2) pernah mengusulkan dua model pendekatan, ialah secara mikro dan makro.
1)    Secara mikro, individu dipakai sebagai pusat penelitian terutama yang berkaitan dengan berbagai hal latar belakang timbulnya bentuk-bentuk prejudice (prasangka) maupun stereotipe etnik. 
2)    Secara makro, lebih dipusatkan terhadap studi mengenai masalah diskriminasi dan kepemimpinan. Berbagai hal yang erat kaitannya dengan itu antara lain mengenai bentuk-bentuk diskriminasi serta masalah status dan peranan ditempatkan sebagai unit analisis yang penting. 
Diskriminasi, unit analisisnya harus lebih dipusatkan kepada kelompok daripada perorangan. Hal ini antara lain  disebabkan oleh kesukaran dalam mengukur 'derajad diskriminasi'; sama halnya dengan mengukur favorable sebagai lawan unfavorable.
Ada beberapa aspek yang terkandung dalam pengertian prejudice yang harus diperhatikan (Blalock, 1976:2; Martin dan Franklin, 1973:144), antara lain :

*      Rasa gelisah (anxiety)
*      Rasa frustrasi
*      Sifat otoriter
*      Kekakuan (rigidity),
*      Rasa terasing (alienation)
*      Sifat kolot
*      Konvensional dan yang berkaitan dengan kedudukan. 
Berbagai aspek tersebut melekat dalam struktur masyarakat, karenanya untuk memahami perlu dikaitkan dengan berbagai hal yang melatarbelakanginya, misalnya pendidikan, pekerjaan, pekerjaan, kepercayaan, mobilita vertikal dan horizontal seseorang. Selain itu, harus disadari pula bahwa ada kesulitan untuk menentukan latar belakang yang manakah merupakan penentu utama bagi timbulnya suatu prejudice.
Prejudice dan stereotype saling erat berkaitan, baik secara logika maupun psikologis (Martin dan Franklin, 1973:152-153). Kedua hal itu ada pada semua ras, suku-bangsa, kepercayaan, pekerjaan maupun kebangsaan. Pada hakekatnya prejudice dan stereotype merupakan imaginasi mentalitas yang kaku; yaitu dalam wujud memberikan penilaian negative yang ditujukan kepada out-group, sebaliknya kepada sesama in-group memberikan penilaian yang positip. Stereotype terhadap out-group yang kaku akan menyebabkan timbulnya prejudice yang kuat. Oleh karenanya prejudice dinilai pula sebagai perkembangan lebih lanjut dari stereotype.
Timbulnya stereotype dalam diri seseorang adalah sebagai akibat pengaruh suatu persepsi tertentu dan berfungsi untuk menyakinkan diri sendiri. Adanya fungsi seperti itu antara lain disebabkan oleh akibat terjadinya hubungan di kalangan dua kelompok yang berbeda. Adanya berbagai perbedaan rasial (fisik) diantara segmen penduduk yang porsinya tidak sama dalam suatu wilayah geografis atau sosial, akan dapat menimbulkan kesulitan. Oleh karenanya diusahakan untuk memunculkan sesuatu yang dapat merupakan kepentingan dan loyalitas bersama.
Adanya keragaman dan perbedaan kepercayaan dan berbagai unsur-unsur kebudayaan yang lain, bukanlah merupakan ancaman untuk menumbuhkan solidaritas nasional. Oleh karenanya dalam mengamati inti permasalahan yang dapat menjelaskan berbagai kristalisasi prejudice, ada kalanya tidak cukup dijelaskan melalui adanya kendala perbedaan fisik semata.
Ada penilaian bahwa stereotipe etnik yang negatif akan menghambat interaksi sosial dalam kehidupan masyarakat yang multi etnik, yang pada gilirannya akan dapat pula menyebabkan terhambatnya proses menuju integrasi nasional. Studi mengenai etisitas sering dikaitkan dengan derajat konformitas dari anggota suatu kolektiva (suku-bangsa) untuk bersedia menerima normanorma tertentu dalam suatu proses interaksi sosial. Oleh karenanya para ahli antropologi seperti Mitchell (1956), Epstein (1958), Gluckman (1961) dan Barth (1969); sering mengkaitkan studi mengenai etnisitas dengan perbedaan latar belakang kebudayaan dari suatu kolektiva tertentu, terutama yang menunjuk pada aspek mendasar yang bersifat primordial. Hal ini disebabkan oleh adanya kecenderungan seseorang untuk mengidentifikasikan dirinya dengan etnik tertentu sementara itu pihak lain juga sering mengidentifikasikan bahwa perilaku seseorang adalah terkait dengan latar belakang kesuku-bangsannya.

Dayak merupakan salah satu dari ribuan suku yang terdapat di Indonesia. Dayak ini dikenal sebagai salah satu suku asli di Kalimantan. Mereka merupakan salah satu penduduk mayoritas di tempat tersebut. Kata dayak dalam bahasa local Kalimantan berarti orang yang tinggal di hulu sungai, hal ini mengacu pada tempat tinggal mereka yang berada di hulu – hulu sungai besar.   Agak berbeda dengan kebudayaan Indonesia lainnya, yang pada umunya bermula didaerah pantai. Suku dayak menjalani sebagian besar hidupnya disekitar daerah aliaran sungai pedalaman Kalimantan. Dalam pikiran awam suku dayak ada satu jenis, padahal mereka terbagi dalam banyak sub – sub suku. Menurut J. U. lontaan terdapat sekitar 405 sub suku dayak yang memilki kesamaan sosiologi kemasyrakatan, namun berbeda dalam adat – istiadat, budaya, dan bahasa yang digunakan. Perbedaan tersebut disebabkan oleh terpencarnya masyarakat dayak menjadi kelompok –kelompok kecil dengan masuknya pengaruh budaya dari luar. Suku dayak terbagi dalam dayak muslim dan non muslim, dayak non muslim lebih banyak dibanding dengan dayak muslim.Setiap sub suku dayak memiliki budaya yang unik dan memberi ciri khusus pada komunitasnya missalnya tradisi memanjangkan telinga yang dilakukan wanita suku dayak kenyah, kayan, dan bahau. Lalu ada juga tradisi kayau atau perburuan kepala tokoh – tokoh masyarakat yang menjadi musuh suku dayak kendayan.
Di bawah ini ada beberapa adat -  istiadat bagi suku dayak yang masih terpelihara samapai hingga ini dan dunia supranatural suku dayak pada zaman dulu mau pun zaman sekarng yang masih kuat sampai sekarang.
1.    Upacara tiwah
Merupakan upacara yang dilaksankan  pengahantaran tulang yang sudah meninggal ke sandung yang sudah dibuat. Sandung merupakan semacam rumah kecil yang memang khusus dibuat untuk mereka yang sudah meninggal.

2.    Dunia Supranatural
Dunia Supranatural bagi Suku Dayak memang sudah sejak jaman dulu merupakan ciri khas kebudayaan Dayak. Karena supranatural ini pula orang luar negeri sana menyebut Dayak sebagai pemakan manusia ( kanibal ). Namun pada kenyataannya Suku Dayak adalah suku yang sangat cinta damai asal mereka tidak di ganggu dan ditindas semena-mena. Kekuatan supranatural Dayak Kalimantan banyak jenisnya, contohnya Manajah Antang. Manajah Antang merupakan cara suku Dayak untuk mencari petunjuk seperti mencari keberadaan musuh yang sulit di temukan dari arwah para leluhur dengan media burung Antang, dimanapun musuh yang di cari pasti akan ditemukan.
3.    Mangkok merah.
Mangkok merah merupakan media persatuan Suku Dayak. Mangkok merah beredar jika orang Dayak merasa kedaulatan mereka dalam bahaya besar. “Panglima” atau sering suku Dayak sebut Pangkalima biasanya mengeluarkan isyarat siaga atau perang berupa mangkok merah yang di edarkan dari kampung ke kampung secara cepat sekali. Dari penampilan sehari-hari banyak orang tidak tahu siapa panglima Dayak itu. Orangnya biasa-biasa saja, hanya saja ia mempunyai kekuatan supranatural yang luar biasa. Percaya atau tidak panglima itu mempunyai ilmu bisa terbang kebal dari apa saja seperti peluru, senjata tajam dan sebagainya.
Mangkok merah tidak sembarangan diedarkan. Sebelum diedarkan sang panglima harus membuat acara adat untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memulai perang. Dalam acara adat itu roh para leluhur akan merasuki dalam tubuh pangkalima lalu jika pangkalima tersebut ber “Tariu” ( memanggil roh leluhur untuk untuk meminta bantuan dan menyatakan perang ) maka orang-orang Dayak yang mendengarnya juga akan mempunyai kekuatan seperti panglimanya. Biasanya orang yang jiwanya labil bisa sakit atau gila bila mendengar tariu.
Orang-orang yang sudah dirasuki roh para leluhur akan menjadi manusia dan bukan. Sehingga biasanya darah, hati korban yang dibunuh akan dimakan. Jika tidak dalam suasana perang tidak pernah orang Dayak makan manusia. Kepala dipenggal, dikuliti dan di simpan untuk keperluan upacara adat. Meminum darah dan memakan hati itu, maka kekuatan magis akan bertambah. Makin banyak musuh dibunuh maka orang tersebut makin sakti.
            Suku Dayak yang hidup merambah di hutan-hutan mempunyai cara unik dalam berburu binatang. Untuk berburu mereka tidak menunggu binatang buruannya datang mendekati mereka tetapi mereka memanggil binatang yang diinginkannya untuk datang mendekati mereka. Caranya tergantung dari binatang apa yang mereka buru. Misalnya, untuk binatang rusa mereka akan menirukan suara anak rusa dengan menggunakan sejenis daun serai yang dilipat melintang dan ditiup. Hasil tiupannya akan muncul suara seperti suara anak rusa.
            Contoh lainnya adalah dalam berburu celeng (Babi hutan). Celeng  suka sekali diambil kutunya oleh Beruk (monyet besar), maka untuk memanggil celeng, si pemburu akan menepuk pantat mereka berulang kali sehingga muncul suara seperti Beruk menepuk badannya. Sedangkan Beruk tidak pernah menjadi target buruan. Memanggil (tepatnya mengejar) Babi adalah tugas para anjing peliharaan si pemburu yang akan selalu diajak selama berburu karena anjing mempunyai penciuman yang tajam. Alat berburu yang mereka gunakan hanyalah tombak atau sumpit. Karena sumpit mereka panjang, biasanya sumpit tersebut bisa juga digunakan sebagai tombak. Jarum sumpit yang digunakan berburu diolesi dengan ramuan racun yang berfungsi hanya melumpuhkan atau bahkan mematikan.
            Selama berburu mereka juga menghitung waktu dan arah angin. Perhitungan waktu berkaitan dengan aktivitas binatang buruan sementara arah angin untuk membantu mereka mennetukan posisi untuk menyembunyikan diri. Bersedianya binatang buruan mendekati mereka sangat dipengaruhi oleh bau asing yang dibawa angin.

            Seperti umumnya suku-suku di Nusantara, demikian pula suku Dayak, makanan utama mereka adalah nasi, yang dilengkapi dengan sayur mayur serta lauk pauknya. Masakan yang terkenal dari suku dayak adalah sangan, panggang, lawar, tanak, burup, opor, kalampis, kohok, panggang kaluk/gatal, pancit, panggang enyak, kandas/pipis, pundang, luntuh manuk dan lain-lain. Ciri khas dari makanan mereka adalah makanan yang bersantan, berlemak dan asin, selain itu mereka juga mengawetkan bahan makanan seperti daging dan ikan dengan cara pengasapan, pengasinan, pengeringan di bawah sinar matahari dan lain-lain, tapi yang lebih sering dengan cara pengasinan. Di samping itu, seperti halnya suku-suku di pedalaman mereka juga meminum minuman yang beralkohol seperti tuak, baram, anding dan lainnyayang terbuat dari bahan beras, ketan dan bahan lainnya.


Ø  Manfaat
Hal yang bisa diambil dari kehidupan suku Dayak adalah kearifan tradisional sangat melekat mereka bahkan dalam hal berburu. Mereka hanya berburu pada saat-saat tertentu di mana persediaan lauk mereka sudah mulai menipis atau mereka akan mengadakan pesta. Suku Dayak sangat menghormati alam. Karena bagi mereka alam memberikan mereka semua kebutuhan yang mereka perlukan tergantung bagaimana kita memanfaatkan dan mengelolanya.

Ø  Kerugian

Kerugian yang bisa di dapat berdasarkan cara hidup mereka bisa di bilang cukup banyak dalam bidang kesehatan, karena seperti yang sudah dipaparkan di atas suku dayakmemiliki beberapa kebiasaan yang kurang baik dilakukan seperti cara berburu mereka yang menggunakan anjing sebagai alat untuk berburu, ciri khas makanan mereka yang cenderung berlemak, bersantan dan asin yang tentunya dapat menyebabkan beberapa penyakit yang bisa saja membunuh mereka seperti penyakit jantung.


             Pengaruh stereotypes thinking dari suku dayak tentunya dapat mempengaruhi pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh perawat dan tenaga medis lainnya. Karena , kalau dilihat dari cara hidup dan kebiasaan mereka yang bisa dibilang kurang baik dari segi kesehatan yang tentunya akan menyulitkan bagi pelayanan kesehatan seperti perawat untuk memberikan asuhan keperawatan. Sebagai contoh,jika seseorang dari suku dayak mendapatkan perawatan di rumah sakit, perawat dan pelayan kesehatan lainnya tentunya tidak bisa memberikan asuhan keperawatan dengan seenaknya karena jika dilihat dari latar belakang budaya dan kebiasaannya mereka cenderung agak keras dan sulit menerima sesuatu yang tidak mereka ketahui. Karena itulah peran perawat untuk mengetahui latar belakang budaya pasien sangat dibutuhkan dalam pemberian asuhan keperawatan. Dalam pemberian asuhan keperawatan, sangatlah penting bagi seorang perawat untuk mengetahui bagaimana latar belakang budaya dan kebiasaan yang dimiliki oleh pasien untuk dapat memberikan asuhan keperawatan yang bermutu, sesuai dengan pasien, dan dapat diterima oleh pasien dan keluarganya. Misalnya dalam hal asupan makanan, perawat harus bisa menyesuaikan makanan apa yang disukai oleh pasien dan baik untuk kesehatannya, selain itu, pasien juga tentunya mempunyai kepercayaan yang juga harus diperhatikan oleh perawat. Jika sesuatu yang mereka percayai bisa membantu dalam penyembuhan penyakit, itu bisa digunakan , tapi jika kepercayaan pasien malah memberikan efek yang kurang baik bagi kesehatannya, perawat bisa menyarankan kepada pasien bahwa itu kurang baik untuk dilakukan tapi dengan penjelasan yang bisa diterima oleh pasien.
            Perbedaan budaya di Indonesia memang sudah tidak dapat dipungkiri lagi, untuk itulah perawat mempelajari latar belakang budaya dan kebiasaan mereka agar dapat memberikan asuhan keperawatan yang bermutu, sesuai dengan keadaan pasien dan tentunya dapat di terima oleh pasien dan keluarga.




















                                                      




                                   Daftar Pustaka



http://adat istiadat suku dayak.com,diakses pada tanggal 26 Oktober 2011.
http://makanan khas suku dayak.com,diakses pada tanggal 26 Oktober  2011.



















1 komentar:

  1. Lucky 15 Casino in New Jersey: Review and Ratings by JT Hub
    Lucky 15 Casino in New 성남 출장마사지 Jersey: Review and Ratings by JT Hub. Find out what 경기도 출장안마 you 상주 출장안마 need to 청주 출장샵 know before 충청남도 출장샵 opening a new account at the casino.

    BalasHapus